Tokui na koto yori mo suki na koto ga ii

Lembutnya Blender

Senang riang hatiku senang..
Hahahaha..
Kemarin nginep di rumah ortu, tadi pagi nyobain bikin mpasi Hana pake blender yang kecilnya, ngga bau cabe pastinya, jadinya lembuuut banget kaya di internet penampakannya hahaha.. Foto menyusul yah

#mpasirumahan #mpasi7bulan Michiko Hana
– Karbo/Serelia: Tepung gasol beras merah
– Protein Hewani: Ikan Cue, Kaldu ceker ayam
– Protein Nabati: Tempe, Jagung manis
– Sayuran: Brokoli
Tambahan: bawang putih geprek
Lupa pake lemak tambahan nih, harusnya bisa pake minyak goreng, tapi ini rasanya udah enak banget, setelah direbus semua dengan air sedikit dan ditutup, diblender, trus disaring karena jagungnya kan masih ada kulit arinya yah
Hana doyaaaaan doong, alhamdulillaaah

Day1 Bubur Ayam

image

#mpasirumahan Michiko Hana
Alhamdulillah Hana sekarang sudah 7 bulan. Makin kuat aja kakinya, tiap ada pegangan pasti langsung mau berdiri. Kalau liat suatu barang menarik, diperhatiin, trus berusaha deh digapai dengan cara apapun guling2 merayap gitu hahaha. Tapi merayapnya masih pake dorongan kepala dan kaki dan cuma bs di tempat tidur. Makin jago makan ricecrackernya haha tiba2 aja abis gitu dikasih  satu utuh yg panjang itu. Suka banget berenang, sampe cipak cipuk kena muka sendiri tetep excited.

Rekap mpasi Hana umur 6 bulan kemarin, lumayaaan banget, semakin ke sini semakin lahap makannya. BAB juga ngga ada masalah. Cuma umayya masih kurang ngasih snack buah2an nih. Soal alergi, masih ngga yakin, apakah alergi ati ayam, kalo daging ayam udah 2 hari ini makan ngga kenapa2, alhamdulillaaaahhh.. Semoga lahap terus ya Hana! Makasiih Hana :)

Menjelang 7 bulan

Wahh lama sekali umayya ngga posting mpasi Hana ya, haha maap yaa.. Maklum riweh banget euy punya 2 anak kamarnya di atas, susah naik turun.. Jd selalu curi waktu aja klo anak tidur, mending kalo tidur dua2nya, kalo rewel dua2nya gimana? Hihi..
Terakhir kemarin tanggal 20jan ya. Rekap aja ya, menjelang 7 bulan besok nih tanggal 27, Hana masih belum full menu 4bintangnya, hiks. Tapi alhamdulillah sekarang makin lahap makannya, umayya seneng banget kalo Hana buka mulut lebar nunggu disuap hahaaha..

#mpasirumahan Michiko Hana
#Day26 #21jan
Bubur merah + Tahu jepang + Bayam merah + Kaldu (siang) BAB
#Day27 #22jan
Bubur merah + Jagung manis (siang) BAB
image

#Day28 #23jan di Bandung
Bubur merah + cerelac beras merah (pagi) cerelac beras merah (sore) BAB 2x
#Day29 #24jan di Bandung
Milna bubur daging (pagi sore) BAB 2x
#Day30 #25jan di Bandung
Finger food: melon pepaya timun BAB 2x
image

#Day31 #26jan
Bubur coklat + Bayam merah + Ayam + Tomat + Kaldu tomat bombay + Unsalted butter (siang sore) Rice cracker (snack) BAB 2x

Bagaimana kabar abang Yahya? Alhamdulillah walaupun semakin galak dan ngga mau nurut dan diatur lg, Yahya skrg udah bisa ngenalin warna dan huruf, bisa lompat 2 kaki, naik turun tangga sendiri, udah semakin lengkap juga pengucapan tiap kata, bisa membedakan ekspresi emosi marah senang sedih kaget, menghibur/nyanyi buat Hana, makan banyak(tapi masih sering susah juga sih), mengayuh sepeda ke depan (baru satu kaki aja, ngga muter)

Belajar Makan

Awal mp asi bayi masih belajar makan :) Justru awal mp asi adalah masa kritis belajar makan dengan cara dan pola yang tepat :) Awal mp-asi, sebagian bayi bisa langsung lahap, sebagian bayi justru  melepeh, menyembur, seperti mau muntah, sebagian bayi malah menutup mulut, mengemut atau hanya menjilat saja, menangis karena “belum” bisa makan belum merasa nyaman.

Semua terjadi karena bayi masih belum bisa mengontrol gerakan lidah. Kalau ibu putus asa nganggap itu sebagai gtm atau susah makan, ibu stres, anak ikut stres, tambah menangis, proses belajar makan jadi terhambat, tapi kalau ibunya sabar dan tetep ngedampingin bayi belajar makan ngelatih untuk menerima makanan dari sendok, ibunya tenang, anak pun nyaman dengan suasana makan tidak dalam tekanan atau paksaan “harus habis” atau “harus bisa” makan :)   Memberi mp asi bukan sekedar memasukkan makanan ke dalam mulut, banyak proses pembelajaran di sana :) Ibu belajar cara memberi makan, belajar sabar, belajar kenal karakter anak, anak belajar mengontrol gerakan lidah, belajar tekstur, belajar kenal jam makan dll :)

Tekstur makanan yang dianjurkan sejak awal mpasi adalah semi kental yaitu ketika sendok dibalik makanan tidak langsung tumpah, bukan encer seperti asi ataupun air. Kekentalan menunjukkan semakin banyak nutrisi. Caranya bukan kita yang menuangkan makanan ke mulut bayi, tapi rangsang dan dampingi bayi untuk mengambil makanannya dari sendok dengan lidahnya, berikan sedikit demi sedikit. Letakkan sendok di ujung bibir, atau di bawah bibir. Perhatikan juga jadwal makannya, makan yang baik saat mood bayi masih bagus, tidak mengantuk, tidak langsung makan setelah bangun tidur. Susui bayi sebentar sebelum makan, asi akan membantu mengaktifkan enzim pencernaannya :)

Bayi bukan robot yang langsung bisa makan, 6 bulan pertama kehidupannya ia cuma bisa menyusu. Keterampilan lidah untuk makan berbeda dengan keterampilan lidah untuk menyusu. Keberhasilan anak di masa tumbuh kembangnya tergantung stimulasi yang diberikan dan kesabaran juga ketelatenan orang tua yang mendampinginya, perjalanan masih panjang, bukan hanya masa pemberian mp asi, pantang bagi seorang ibu untuk tidak semangat dan mudah menyerah :)

Sumber:
Facebook Group: Homemade Healthy Baby Food

Day23-25 Bayam Tahu

image

#Day23-24 #mpasirumahan #18jan-19jan Michiko Hana
Beras coklat + bayam merah + jagung
Maap yaa umayya nya lg males dan ngga semangat foto dan posting, tp ya tetep berusaha nyuapin hana makan, hehe, stidaknya mau buka mulut

#Day25 #20jan
Nyobain tahu sutra nih, plus kentang dan buncis, tp ternyata Hana masih hoek2 sama tahu ya walaupun udah lembut gini, hiks
Tp umaya ngakalin pake cerelas beras merah dicampur, baru deh mau mangap

BAB masih lancar jaya alhamdulillah
Masih belum sempet nyobain slowcooker nih
Belum beli daging2an juga
Kayanya pengen coba pake ikan yg di freezer deh, tp harus cari tau dulu biar ngga amis