Tokui na koto yori mo suki na koto ga ii

Category Archives: motherhood

image

Udah lama ngga posting mpasi #MichikoHana ya, ya emang makannya juga masih serabutan nih, masih baper kalo bikin makanan buat Hana, harusnya jangan ya, udah mau 1 tahun nih, masa beratnya stuck lg kaya abang Yahya dulu, hiks

Bahan2
-Tepung gasol Kacang Hijau
-Madu
-ELOO
-Unsalted butter
-Keju

Gampang kaaaann hahahah, ini Hana selalu doyan, sisanya serabutan deh, tapi hana udah bisa ngunyah nasi lho


Lalalaaaa.. apa kabar ni blog, ga pernah nulis lagi hihi..
Apa itu maksud judul di atas?
Iyesss GTM alias Gerakan Tutup Mulut si Michiko Hana hahahaha *sedih
Akhirnya bisa gtm juga ya si Hana ini, kirain bakal lahap trus makannya, atau umaya nya kurang banyak nih sugestinya.
Yap, sekarang Hana sudah 11 bulan lhoo.. udah sbulanan ini brarti dia tiba2 gtm, tapi berbekal pengalaman sm abang Yahya dulu, kalo gtm jangan langsung menyerah dulu yaa..alhamdulillah Hana ternyata ga 100% gtm nya, masih mau makan dan nyoba ini itu. Yakk benar no gulgar nya sudah lewaaat deh sekarang, Hana mulai bebas nyicip apa aja..mungkin dia lelah makan bubur hambar trus haha..atau dia mau naik tekstur, atau mau numbuh gigi, atau mau bisa jalaaann! Yes, sekarang Hana udah banyak dan berani melangkah lhoo.. tapi ya makannya masih serabutan nih
Hal sebaliknya malah terjadi sama abang Yahya yang jd buanyaak banget makannya semenjak sembuh sakit diare kemarin. Apalah lahapnya Hana berpindah ke abang Yahya? Ahh bentar lagi Abang Yahya mau dimasukin sekolah nih..dag dig dug
Kembali ke Hana..benar saja Hana pas ditimbang beratnya masih di sekitaran 8kg trus nihh hiks hiks trauma deh sm abang Yahya dulu. Duh smoga kembali lahap lagi ya Hanakko…


Selamat tiga tahun, abang Yahya! (8 Mei 2016)
Alhamdulillah, tak terasa sudah 3 tahun aja umurmu nak.. makin ganteng dan soleh yaaa
Seneng banget bisa ngajak Yahya jalan2 ke taman safari untuk kado ultahnya yg ketiga ini..bener2 puas deh.. ini acara ultahnya kita pengen yg bener2 fokus buat Yahyanya aja, daripada cuma potong kue dan buka kado. Tapi tetep pasti ada ya, susah diilangin kayanya budaya kaya gitu, trutama dari keluarga lah, gapapa..
Kebetulan long weekend menjelang tanggal 8 ultahnya, jadilah kita bikin 3 acara terpisah. Pertama ke taman safari, trus berenang di hotel, kumpul sm oma amu ama nya makan sushi dan buka kado, trakhir kumpul di rumah oma granpung tiup lilin dan malamnya puas main di playground Aeon.

Baca lebih lanjut


Waktu hamil Yahya, sempet ikut kelas hypnobirth di kelapa gading dengan bayaran yang amat sangat mahal. Tapi manfaatnya baru dirasa belakangan ini, waktu melahirkan Hana juga lebih berasa. Apakah itu?

Iya, komunikasi. Kalo secara logika ya, kayanya aneh aja, ngomong sm perut, ngomong sama badan kita, ngomong sm bayi yang belum bisa ngomong dan blum ngerti juga bahasa kita. Tapi kalo dari sekian kali pengalaman komunikasi ini aku lakukan, beneran lho jadi sugesti yang kuat sampe mereka mau melakukan apa yg kita minta.

Waktu ikut kelas hypnobirth, di situ ada ngelatih komunikasi ke badan kita lewat sebuah bandul. Kita pegang rantai bandul itu yang menjuntai ke bawah, dengan jari telunjuk dan jempol saja. Bandul diam. Trus kita ngomong aja gtu sendiri, atau komunikasi sm badan kita untung ngegerakin bandulnya ke kiri atau kanan. Dan berhasil lho.
Nah itu juga yg harusnya dilakuin pas kita lg proses melahirkan, kita harus serileks mungkin dan komunikasi ke badan untuk membuka jalah lahir. Hmm sungguh tidak logis ya..apalagi pas lg sakit bgt kontraksi. Ya terbukti pas aku melahirkan Yahya, aku lupa sm skali ngelakuin komunikasi itu..haha.

Tapi belakangan, setelah bbrp kali akhirnya aku melakukan komunikasi itu, br skrg aku sadar dan percaya, kalo betul terbukti komunikasi ga logis itu bisa menjadi sugesti. Apa aja? Ini listnya:

1. Pas hamil yahya, aku dan suami minta Yahya lahir 39w dan pas hari libur biar keluarga smua ada dan bisa datang melihat. Terbukti lahir 39w hari rabu siang, besoknya kamis itu tanggal merah.
2. Pas lagi nyusuin, aku bilang, nanti klo gusi Yahya gatel itu berarti mau tumbuh gigi, jangan gigit susu umaya ya. Terbukti sampe 2 tahun full asi dan ga gigit.
3. Pas lagi nyusuin Yahya, dan hamil Hana, aku bilang ke Yahya nanti umur 2 tahun Yahya selesai nyusu sm umaya ya, nanti minum susu di gelas, susu umayanya gantian kasih ke dede (hana) ya. Terbukti menjelang 2 tahun ga pernal rewel minta nyusu lagi, cuma pas mau tidur nyusunya dan pas 2 tahun berhenti nyusu tanpa drama sm skali.
4. Pas hamil Hana, minta dia lahir 38 atau 39w dan lahirnya jangan lama2, pembukaannya cepet. Hana menjawab lewat feeling kuat bakal ktuban duluan. Terbukti ktuban rembes duluan di minggu 38 akhir menjelang 39, pembukaan cepet dari 2 ke 3 trus ke 5 trus ke 8 langsung 10, hanya 4jam ksakitan di Rs, lahir deh Hana.
5. Pas melahirkan Hana, ngomong sm Hana ayo sama2 kita buka jalan lahir ya, tiap ada rasa sakit itu berarti jalan lahir semakin terbuka buat Hana keluar. Ini paling susah karena sambil ngerasain sakit kontraksi yang amat sangat ya, tp ttp fokus sm kata2 itu tadi. Dan bener cepet pembukaannya nambah.
6. Pas nyusuin Hana menjelang mpasi, ngomong ke dia kalo nanti 6 bulan mulai makan, makanya yg lahap ya, mau makan apa aja yg umaya kasih/masak. Terbukti Hana doyan makan banget, walaupun ttp ada momen gtm(gerakan tutup mulut) tp ga lama langsung lahap lg.

Ya itu dia kira2 ya sugesti2 nya. Tentu saja ga lepas jg dari doa sm sang Pencipta ya, apapun menjadi mungkin bagi Nya kan, yg ga logis bagi kita, ini jg salah satu kemudahan yg Allah berikan ke kita. Cukup percaya aja.

Waallahualam


Senang riang hatiku senang..
Hahahaha..
Kemarin nginep di rumah ortu, tadi pagi nyobain bikin mpasi Hana pake blender yang kecilnya, ngga bau cabe pastinya, jadinya lembuuut banget kaya di internet penampakannya hahaha.. Foto menyusul yah

#mpasirumahan #mpasi7bulan Michiko Hana
– Karbo/Serelia: Tepung gasol beras merah
– Protein Hewani: Ikan Cue, Kaldu ceker ayam
– Protein Nabati: Tempe, Jagung manis
– Sayuran: Brokoli
Tambahan: bawang putih geprek
Lupa pake lemak tambahan nih, harusnya bisa pake minyak goreng, tapi ini rasanya udah enak banget, setelah direbus semua dengan air sedikit dan ditutup, diblender, trus disaring karena jagungnya kan masih ada kulit arinya yah
Hana doyaaaaan doong, alhamdulillaaah