Waktu hamil Yahya, sempet ikut kelas hypnobirth di kelapa gading dengan bayaran yang amat sangat mahal. Tapi manfaatnya baru dirasa belakangan ini, waktu melahirkan Hana juga lebih berasa. Apakah itu?

Iya, komunikasi. Kalo secara logika ya, kayanya aneh aja, ngomong sm perut, ngomong sama badan kita, ngomong sm bayi yang belum bisa ngomong dan blum ngerti juga bahasa kita. Tapi kalo dari sekian kali pengalaman komunikasi ini aku lakukan, beneran lho jadi sugesti yang kuat sampe mereka mau melakukan apa yg kita minta.

Waktu ikut kelas hypnobirth, di situ ada ngelatih komunikasi ke badan kita lewat sebuah bandul. Kita pegang rantai bandul itu yang menjuntai ke bawah, dengan jari telunjuk dan jempol saja. Bandul diam. Trus kita ngomong aja gtu sendiri, atau komunikasi sm badan kita untung ngegerakin bandulnya ke kiri atau kanan. Dan berhasil lho.
Nah itu juga yg harusnya dilakuin pas kita lg proses melahirkan, kita harus serileks mungkin dan komunikasi ke badan untuk membuka jalah lahir. Hmm sungguh tidak logis ya..apalagi pas lg sakit bgt kontraksi. Ya terbukti pas aku melahirkan Yahya, aku lupa sm skali ngelakuin komunikasi itu..haha.

Tapi belakangan, setelah bbrp kali akhirnya aku melakukan komunikasi itu, br skrg aku sadar dan percaya, kalo betul terbukti komunikasi ga logis itu bisa menjadi sugesti. Apa aja? Ini listnya:

1. Pas hamil yahya, aku dan suami minta Yahya lahir 39w dan pas hari libur biar keluarga smua ada dan bisa datang melihat. Terbukti lahir 39w hari rabu siang, besoknya kamis itu tanggal merah.
2. Pas lagi nyusuin, aku bilang, nanti klo gusi Yahya gatel itu berarti mau tumbuh gigi, jangan gigit susu umaya ya. Terbukti sampe 2 tahun full asi dan ga gigit.
3. Pas lagi nyusuin Yahya, dan hamil Hana, aku bilang ke Yahya nanti umur 2 tahun Yahya selesai nyusu sm umaya ya, nanti minum susu di gelas, susu umayanya gantian kasih ke dede (hana) ya. Terbukti menjelang 2 tahun ga pernal rewel minta nyusu lagi, cuma pas mau tidur nyusunya dan pas 2 tahun berhenti nyusu tanpa drama sm skali.
4. Pas hamil Hana, minta dia lahir 38 atau 39w dan lahirnya jangan lama2, pembukaannya cepet. Hana menjawab lewat feeling kuat bakal ktuban duluan. Terbukti ktuban rembes duluan di minggu 38 akhir menjelang 39, pembukaan cepet dari 2 ke 3 trus ke 5 trus ke 8 langsung 10, hanya 4jam ksakitan di Rs, lahir deh Hana.
5. Pas melahirkan Hana, ngomong sm Hana ayo sama2 kita buka jalan lahir ya, tiap ada rasa sakit itu berarti jalan lahir semakin terbuka buat Hana keluar. Ini paling susah karena sambil ngerasain sakit kontraksi yang amat sangat ya, tp ttp fokus sm kata2 itu tadi. Dan bener cepet pembukaannya nambah.
6. Pas nyusuin Hana menjelang mpasi, ngomong ke dia kalo nanti 6 bulan mulai makan, makanya yg lahap ya, mau makan apa aja yg umaya kasih/masak. Terbukti Hana doyan makan banget, walaupun ttp ada momen gtm(gerakan tutup mulut) tp ga lama langsung lahap lg.

Ya itu dia kira2 ya sugesti2 nya. Tentu saja ga lepas jg dari doa sm sang Pencipta ya, apapun menjadi mungkin bagi Nya kan, yg ga logis bagi kita, ini jg salah satu kemudahan yg Allah berikan ke kita. Cukup percaya aja.

Waallahualam

Iklan