Awal mp asi bayi masih belajar makan :) Justru awal mp asi adalah masa kritis belajar makan dengan cara dan pola yang tepat :) Awal mp-asi, sebagian bayi bisa langsung lahap, sebagian bayi justru  melepeh, menyembur, seperti mau muntah, sebagian bayi malah menutup mulut, mengemut atau hanya menjilat saja, menangis karena “belum” bisa makan belum merasa nyaman.

Semua terjadi karena bayi masih belum bisa mengontrol gerakan lidah. Kalau ibu putus asa nganggap itu sebagai gtm atau susah makan, ibu stres, anak ikut stres, tambah menangis, proses belajar makan jadi terhambat, tapi kalau ibunya sabar dan tetep ngedampingin bayi belajar makan ngelatih untuk menerima makanan dari sendok, ibunya tenang, anak pun nyaman dengan suasana makan tidak dalam tekanan atau paksaan “harus habis” atau “harus bisa” makan :)   Memberi mp asi bukan sekedar memasukkan makanan ke dalam mulut, banyak proses pembelajaran di sana :) Ibu belajar cara memberi makan, belajar sabar, belajar kenal karakter anak, anak belajar mengontrol gerakan lidah, belajar tekstur, belajar kenal jam makan dll :)

Tekstur makanan yang dianjurkan sejak awal mpasi adalah semi kental yaitu ketika sendok dibalik makanan tidak langsung tumpah, bukan encer seperti asi ataupun air. Kekentalan menunjukkan semakin banyak nutrisi. Caranya bukan kita yang menuangkan makanan ke mulut bayi, tapi rangsang dan dampingi bayi untuk mengambil makanannya dari sendok dengan lidahnya, berikan sedikit demi sedikit. Letakkan sendok di ujung bibir, atau di bawah bibir. Perhatikan juga jadwal makannya, makan yang baik saat mood bayi masih bagus, tidak mengantuk, tidak langsung makan setelah bangun tidur. Susui bayi sebentar sebelum makan, asi akan membantu mengaktifkan enzim pencernaannya :)

Bayi bukan robot yang langsung bisa makan, 6 bulan pertama kehidupannya ia cuma bisa menyusu. Keterampilan lidah untuk makan berbeda dengan keterampilan lidah untuk menyusu. Keberhasilan anak di masa tumbuh kembangnya tergantung stimulasi yang diberikan dan kesabaran juga ketelatenan orang tua yang mendampinginya, perjalanan masih panjang, bukan hanya masa pemberian mp asi, pantang bagi seorang ibu untuk tidak semangat dan mudah menyerah :)

Sumber:
Facebook Group: Homemade Healthy Baby Food

Iklan