Alhamdullilah, anak kedua kami telah lahir pada tanggal 27 Juni Pkl. 21:45 dengan proses normal di Jakarta Islamic Hospital, berat 3,5 kg panjang 50 cm.

22Juni
Cek ke JIH usia kandungan 38w, sbelumnya aku disuruh diet karbo biar ga kegedean si dede pas lahir, soalnya uk 37w udah 3 kg. Mulai hr Jumat juga ikut puasa, memang disarankan jg sm dokter. Pas cek hr ini, ternyata bbj nya berkurang jd 2,9 kg perutnya jd agak kempis pas diusg, huaa sedihnya si dede ikut diet trnyata. Akhirnya dokter nyaranin 2hr skalia aja puasanya, tp suami ngelarang ngga boleh puasa krn mendzholimi si dede. Akhirnya hr itu aku batalin puasa, dan suami langsung beliin minuman fav Chatime. Oke deh, de, umayya akan makan spuasnya demi dede.

24Juni
Cek ke klinik Al Fauzan, krn miss v sering nyeri bgt dan udh keluar lendir banyak warna bening, kadang coklat juga. Khawatir itu ktuban mrembes. Dicek sm bidan pke kertas lakmus, ternyata bukan ktuban, dan pembukaan msh 2. Akhirnya pulang deh. Oiya pas nimbang berat badan aku naik 2kg smnjak ga puasa, hahaha hanya dlm 2 hr. Jangan2 si dede jg dah nambah banyak beratnya.

27Juni
Dari pagi berasa ada air ngucur hangat di miss v, yakin itu bukan pipis, jangan2 ktuban. Pdhal hr ini aku ga bersih2 rmh sm skali lho, tp malah ktubannya mrembes ya. Tp aku ga mau langsung ambil kesimpulan. Pas siang br aku blg suami, dan rasanya air ngucur itu makin sering. Wah aku tmbah feeling so good nih klo bakal melahirkan. Pdhal msh 38w, hr senin baru mulai 39w klo emang sama kaya Yahya lahirnya 39w. Akhirnya kita langsung berangkat ke JIH dan asumi bakal disuruh nginep, jd udh bw sgala perlengkapan.
Sampe di JIH jam 14, dicek kertas lakmus bener jd warna biru brarti itu ktuban. Jreng jreng ga boleh jalan2 lg khawatir ktubannya makin brkurang. Tp masih blum kontraksi tuh, dan pembukaan jg msh 2.
Jreng jreng, suster ngasih tau klo Dr Prita lg di luar kota, jd aku ditanganin sm Dr Ika..dan beliau menyarankan untuk diinduksi, krn ada batas waktu 12jam harus lahir klo engga cesar. Whaaattt?? Br kali ini denger kata cesar di JIH. Sebel juga jdnya, gara2 dokternya beda nih. Tp alesannya ya emang demi si dede katanya bs keracunan infeksi klo ktubannya brkurang dan abis, sangat beresiko. Akhirnya tandatangan induksi, dan mulai diinfus jam 17. Awww sakit ditusuk infus, kontraksi blm brasa. Lagi2 si suster ngasih batesan jam, klo jam 20 msh pembukaan di bawah 4, janin harus sgera dikeluarkan lewat operasi cesar. Ewwww..
Jam 17:20 mulai kontraksi dan aku menikmatinya, wow udh lama ga ngerasain ini.
Jam 19 cek pembukaan jd 3, sbelumnya masih 2 aja dan itu udh lumayan sakit kontraksinya, pinggang punggung pegel sangat. Aku brusaha fokus dan konsen ke pembukaan miss v tiap kontraksi dtg, dan aku slalu mnta cek pembukaan..krn udh sakit makin mnjadi.
Jam 20 pembukaan 5 arrrggh brsyukur krn trnyata bs banyak nambah pembukaannya, tp sakitnya makin tak tertahankan.. Aku pun udh niat, mnta maaf ke suami, ke orgtua aku..biar lancar pembukaannya.
Jam 21 pembukaan 7-8 Ya Allah aku udh gatau lg cara nahan sakitnya, ttp brusaha fokus ke miss v dan mnta tlg dede tambahin pembukaannya. Berharap bgt mulai ada rasa mau ngeden biar cpt pembukaan 10.
Pembukaan 9-10 brasa lamaaaa bgt dan berat, krn udh mulai mules mo ngeden BAB, tp dilarang suster. Aku disuruh miring ke kiri tiduran. Sambil mncengkram tangan dan baju suami ku, tiap ada mo ngeden aku brusaha nahan dengan teriak, diingetin trus jgn ngeden bun, napas pendek, huu hahhhh! Ya Allah tersiksa bgt. Aku brkali2 nanya gimana caranya biar prmbukaan 10, org ini dedenya udah ngajak keluar. Aku udh kaya ga peduli lg klo emg harus robek. Tiap mo ngeden, itu udh brasa bgt ada sesuatu yg lg ngedorong dan melebar di miss v aku. Arrrghh pleasee pengen ngedeeen. Dan aku jg bneran kluar lho BAB nya, iih ga profesional kan dulu mah waktu yahya aku disuruh BAB dulu, ini engga..jd gni deh, hiks.
Jam 21:45 Alhamdulillah lahir deh si dede, scara spontan tak sengaja dan tak direncanakan hahahaa tiba2 aja udh ada di luar dedenya, dan si dokter br sampe. Jd kaya aku ngelahirin sendiri deh, suster yg nangkep. Allahu akbar luar biasa deh sakitnya, aku langsung nangis dan ngucap syukur berkali2, muji si dede pinter bgt bantuin umayya buka jalan lahir dgn cpt. Tp lagi2 ga puas sm playanannya, si dede langsung ditaro di dada aku untuk IMD, tp gada yg pengumuman apa2, lahir jam brp jenis kelamin apa.. Tp alhamdulillah itu dah seneng bgt, lama jg imdnya sambil proses jahit yg auww auww.

Alhamdulillah ya Allah, Engkau bantu permudah dan perlancar kerjasama ini.. Feeling so good bgt pas udh 9 bln, bakal ktuban mrembes dulu, pembukaan bakal cepet…alhamdulillah ga sampe di cesar sgala.
Aqiqah juga sudah diadakan tepat 7 hari setelah si dede lahir. Smoga sehat trus ya de, jd anak sholehah, cerdas, taat pd ortu dan Rasulullah, murah rezekinya, bs brmanfaat dunia dan akhirat, aamiin…

Iklan