Alhamdulillah, seminggu sudah berlalu dari genapnya 2 tahun umur putra pertamaku, Junichi Yahya Alhudzaifi, 8 Mei 2015. Dan mulai hari itu juga aku menyapihnya, berhenti sama sekali dari menyusui. Tapi ngga semendadak itu juga pastinya. Dan alhamdulillah Yahya pinter, berhasil lulus ASIx nya 2 tahun tanpa drama dan begadang.

Semenjak aku hamil, aku mulai memberitahu Yahya perihal menyusui dan adiknya yang akan gantian menyusui juga. Walaupun mungkin dia blum ngerti ya apa yg kita omongin, tp aku percaya dan sudah biasa mempraktekkan komunikasi seperti ini dengan dia. Krn hasilnya selalu sukses, ntah memang dia mengerti atau kenapa, tp yg pasti sukses.

Nah mulai kehamilanku usia 5 bulan, Yahya 21bulan, aku mulai membiasakannya utk ngga nyusu sbelum tidur, dan sudah bbrp kali Yahya bs tidur sendiri tanpa minta nyusu. Iya, pinter bgt deh, semenjak dikomunikasiin, Yahya jarang banget minta nyusu lg. Tapi tetap aku kasih dia krn udh komitmen 2 tahun ASInya harus terpenuhi.

Selain itu, aku juga memberinya susu tambahan, tp bukan formula. Itu juga karena Yahya yg slalu hoek klo dicobain sufor, hahaha.. Anak kecil emang ngga bisa dibohongin lho. Walau warna susunya sama, tpdr bau dan rasa aja dia bs tau itu bukan susu alias formula. Aku sendiri juga ngga suka sm rasa sufor, bikin mo muntah hoekkk…
Sempet nyobain bebelac, chilmil, dgn motivasi pengen gemukin Yahya.. Tp trpaksa harus nyesel beli mahal2, Yahya nolak banget hihi.

Dan akhirnya, sekarang Yahya susunya Frisian Flag Jelajah, sebelumnya susu uht yang kotak kecil.. Berbagai merk. Yahya emang doyan bgt susu, susu beneran ya bukan susu buatan kimia kaya sufor..

Anyway, kembali ke topik, selamat ya Yahya lulus S3 :)

