IN TOUCH WITH TOMORROW
or in touch with hell?
Arrrgh, i almost killed myself..just bcoz this laptop. but…
Yattaaaaaaa~!!! Finally i can get rid of all this crap! Fuuuh after few days with overall distracted emotional shitty craps, i could beat ’em!! yeah! Nyahaha. Dunno how freak i was those days. Now i’d like to share my experience in makin this crap works!

Before we go on to the repair thing..
i’ll give u the specification of toshiba satellite L30;

Processor
type : Intel® Celeron® M Processor 380A
clock speed : 1.6 GHz
Front Side Bus : 400 MHz
2nd level cache : 1 MB
Operating System
Genuine Windows® XP Home Edition
System Memory
standard : 256 MB
maximum expandability : 2,048 MB
technology : DDR2 RAM (533 MHz)
Hard Disk
40GB (5400 rpm) 2.5” SATA HDD
Video Graphic
ATi Radeon ® Xpress 200M with up to 64MB shared video memory (UMA)

Aku stresss banget ngurusin laptop yang satu ini. Padahal mah bukan punya aku, melainkan punya adik aku. Tapi aku stres na tuh sama kaya pas stres skripsi. Kepikiran melulu. Sampe kebawa mimpi segala. Dan kya na karena ditambah PMS juga, jadi aku bener2 emosi ngehadepin ini semua. Benci sama orang yang ninggalin masalah ini ke aku dan tanpa membantu ‘benar2’. Yahh.. udah lewat seh, dan aku dapet rewards yang sangat sempurna dari Tuhan, atas rasa sebel aku ini, dan usaha kerja keras ini tentu na.

Laptop ini masalah na tuh, udah jadul. Dan ga ada CD bawaan apa2. Awalna emang ada virus di laptop, tapi sekalian juga mau bersihin, karena emang ada masalah juga pas ngidupin tuh ga bisa. Jadi sering diset standby.

Setelah minta tolong, ga sukses. Aneh juga seh, karena aku yang ngeliatin sendiri prosesna. Udah berbagai CD XP dcoba untuk instal ulang laptop ini, tapi slalu macet pas di mode GUI. Pada status bar “installing network”, di menit brp gtu, dia kya ngehang gtu, ga nambah2 bar na. Akhirna kita restart dengan paksa. Jadi otomatis restart juga kan instalasi di mode GUI na. Di situ lancar semua na. tapi nanti ketika masuk windows, ada aja yang error. Terutama ketika mau turn off, dia ngehang gtu. Pokokna keliatan lah ga sukses, krn ga maksimal td pas instal. Jadi kita kira, CD na yg eror.. jd smpe burning k CD baru, sempet pake CD XP khusus toshiba juga! Masih bandel jg, ga mau dia maju2.

Pokokna cerita na panjang deh.. perjuanganna. Nah Yang penting sekarang, yang akhirnya berhasil diinstal adalah Windows XP Home Edition!!! Pantes aja kan kmaren2 tuh gagal trus. Ternyata dia butuh na yg Home Edition, Bukan Pro. Aku menyadari ini, pas ngeliat spesifikasi laptop ini. Tapi yg bikin susah, ternyata kalo Home Edition kya gni, jarang ada yg nyediain downloadan. Harus beli asli alias Genuine. Beruntung, aku nemuin tmp download na, torrent. Dan seed na.. yah lumayan deh.

setelah dua hari menunggu, akhirna dapet Windows XP na!! Dicoba instal, dgn rasa deg2an namun pasrah.. karna dah cape bgt, ga tau lg mesti gmn kalo kali ini gagal lg. Ternyata pas di ‘installing network’ tuh lancar bgt!! Huaa alhamdulillah! lancar semua. tapi masalah..ntah masalah atau bukan. Setelah proses instal selesai, yang harusna stlh ngreboot, dia bakal ada tampilan windows start.. trus dsuruh pilih tampilan, itu dia biru aja.. lama bgt. Akhirna dpaksa reboot lg. Masuk juga deh k dekstop. Instal2 drivers. sering ngehang, dan taskbar na suka ilang. Matiin jg masih susah. Tp tiba2 pas d kosan tmn, stlh mindahin data backup, udah bisa turn off! aneh bgt. dan smpe skrg ga prnah ngehang lg. Alhamdulillah………..!!!!
Kurang satu aja skrg.. modem na blum dapet neh.

Laptop ini lumayan langka jg dcari kalo googling.. Jadi aku sengaja sharing d blog ini, moga berguna buat tmn2 lain yang mungkin make laptop ini juga. Berikut adalah snapshot dr web yang menyediakan link utk download drivers yg dbutuhkan untuk laptop ini. Semua na berfungsi, krn sudah aku coba sendiri. Kecuali Modem, ntah kok pas diklik lari na malah ke web Toshiba, dan ga ada tmp buat download na.

Drivers satellite L30
Sumber: toshibatips.blogspot.com

Acknowlegments:

  • Yoga
  • makasih dah meninggalkan masalah ini ke risa! huh! yaah..ad hikmah na..jd dpt byk pelajaran jg..tp dr tmn2 lain. ttp makasih deh, cd XP n drivers na

  • Zhai
  • Umm..ya awalna ngira slot network na eror ya… makasih dah bantu jg

  • Noto
  • Makasih atas saranna… untuk ngedelete partisi.. biar yg eror ga kerja lg pas udah dformat.. ya walaupun msh ga sukses jg instal na.

  • Tmn di Jepang
  • Jadi tau kalo toshiba ga bs pake sembarang XP.. harusna ada cd recovery na yah..tp heran kok dulu pas beli laptop ini, ga dkasih cd apa2

  • Dekiloveski
  • Makasih bgt.. atas saranna. Jd punya program bwt ngetes RAM deh.. ya walupun ttp blum sukses instal laptopna.. hehe

  • nOt_okay
  • makasih atas saran pengecekan hardware na

  • Cid
  • Punya cd SP3 yah? tapi klamaan seh.. aku kan butuhna cepet.. ya lgpula akhirna ga kpake jg.. ternyata harus yg home edition

  • Dimas
  • Walaupun ga gtu byk bantu.. tp makasih

  • Razka
  • Makasih dah ngasih tau tmp download SP3.. yaitu d indowebster

    Overall.. of course big big thanks to Allah. dan tmn2 lain yang ga disebutin di atas.. makasih atas berbagai masukanna..dan perhatiannya :-)

    Iklan